Wednesday 12 June 2013

Mengapa Harus Ada Bayangan?




Mengapa harus ada bayangan?

Kadang kita sering bertanya-tanya, merasa risih jika ada siluet hitam mengikuti kemana arah kita menghadap. Terutama saat kita harus berpapasan dengan terik matahari. Siluet itulah yang kita namakan sebuah bayangan.

Mengapa Allah SWT menciptakan sebuah bayangan? 

Toh, tak ada gunanya bagi kehidupan kita. Jangan salah kira bahwa ternyata bayangan adalah salah satu petunjuk kehidupan kita. Bayangan adalah sebuah refleksi sifat cahaya yang bergerak lurus, tidak berbelok atau pecah. Kelemahan cahaya adalah tidak dapat menembus benda buram sehingga timbullan bayangan. Baik panjang atau pendek bayangan itu tentu kita tidak dapat protes pada Allah SWT, karena fenomena bayangan juga sudah diabadikan dalam Surat Surat Al-Furqaan:45-46


Apakah kamu tidak memperhatikan (penciptaan) Tuhanmu, bagaimana Dia memanjangkan (dan memendekkan) bayang-bayang dan kalau Dia menghendaki niscaya Dia menjadikan tetap bayang-bayang itu, kemudian Kami jadikan matahari sebagai petunjuk atas bayang-bayang itu, kemudian Kami menarik bayang-bayang itu kepada kami dengan tarikan yang perlahan-lahan.”

Allah SWT melalui ayat ini mengajak orang-orang yang beriman, orang-orang yang berakal yang mau menerima petunjuk agar mau meluangkan sedikit waktu untuk memperhatikan bagaimana Allah SWT menciptakan bayang-bayang.

Bayangkan jika di dunia ini tidak ada bayangan? Apakah kompas akan berfungsi normal? Apakah kita mengenal garis katulistiwa? Apakah kita akan tahu pukul berapa sekarang? Apakah kita akan tahu kapan siang dan malam? Apakah kita akan selalu buta arah? Ya.

Karena bayangan adalah sebuah petunjuk alam, menegaskan bahwa bumi berputar mengelilingi matahari sumber terbesar dari sebuah bayangan. Bayangan diciptakan Allah Swt tidak lain adalah untuk kebaikan kehidupan dibumi.

No comments:

Post a Comment